ANDROID


Tehnologi berkembang pesat. Tak terkecuali teknologi handphone. Saat ini, muncul teknologi hanphone baru yang disebut Android. Seperti apa teknologi ini...?
Apa itu Android?
Android adalah sebutan salah satu program mesin yang digunakan untuk mengaktifkan handphone. Dalam bahasa mesin, program seperti ini disebut OS atau Operating System. Biasa disebut juga sistem operasi. Fungsi program ini mirip koki yang menyediakan menu masakan. Semakin canggih OS, maka menu yang disajikan akan semakin banyak pilihannya dan semakin menarik. Selain Android, ada program mesin untuk handphone yang lain, seperti Symbian atau Microsoft Windows Mobile ( kelak akan disebut Windows Phone). Android tergolong program baru yang saat ini banyak digunakan.
Komputer Banget
Android adalah program handphone yang didukung perusahaan om Google, yakni perusahaan mesin pencari di internet yang menyediakan berbagai informasi yang diminta pengguna internet, termasuk saya.....
Karena didukung Google, program Android dapat membuat handphone mampu menjelajahi dunia internet layaknya sebuah komputer. Saat ini, kita tak harus menggunakan komputer atau laptop untuk mencari informasi di Google, membuka email, atau melihat video dari internet.bahkan untuk connect ke eQSO pun dapat dilakukan dengan handphone berotak Andoid ini. Dengan Android N-A890 persis yang telah digunakan beberapa teman-teman melalui echolink di room INDONESIA, hasilnya suara yang didengar melalui Pc Client maupun radio yang telah di link gateway tidak berbeda dengan menggunakan PC ataupun laptop. Untuk lancarnya cut by cut atau tidak semua kembali tergantung baik atau buruk jaringan connectionnya. Dan menurut cerita yang pernah menggunakan (penulis belum pernah, maklum...) aplikasi echolink-nya dapat di downloud secara gratis melaui Android market-nya.
Beberapa Kelebihan
Handphone Android ada juga yang dilengkapi teknologi layar sentuh. Kita dapat memperbesar memperkecil gambar, foto atau halaman web internet dengan menyentuhnya. Kita dapat mengetik langsung pada layar handphone. Singkatnya, hampir semua pilihan cara menjalankan handphone ini dapat dilakukan langsung dengan menyentuh layar, bukan tombol.
Handphone berotak Android ini, konon, tidak mudah error, terlindung dari virus, dapat digunakan bermain game 3D (3 Dimensi), dan dapat mengunduh program-program komputer secara gratis. Kemampuan Handphone Android yang dapat mengunduh program dengan gratis. Ini yang menarik hati para penggemar internet.
Kelemahan Android
Jika ingin berfungsi baik, Handphone Android ini harus selalu tersambung dengan internet, handphone ini tidak akan beda dari handphone biasa yang hanya bisa untuk telepon dan mengirim SMS serta bermain game sederhana. Karena itu, jika hendak membeli Handphone Android, maka harus siap juga berlangganan internet. Jika seseorang tinggal didaerah yang sinyal internetnya buruk, Handphone Android-nya juga tidak akan dapat berfungsi dengan baik.
Teknologi akan terus berkembang karena manusia selalu berusaha mencari yang terbaik. Handphone juga begitu. Siapa tahu, setelah Android, akan muncul teknologi yang lebih canggih.
Video Echolink With Android, pada saat kegiatan Echolink Indonesia Net.

2 komentar:

  1. berdasarkan artikel tersebut, berikut ada rujukan untuk penelitian aplikasi melalui link ini :

    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2279/1/aplikasi%20mobile%20kamus%20istilah%20psikologi%20berbasis%20android%2022002.pdf

    terima kasih

    BalasHapus

Recent Posts

PANITIA INDONESIA NETWORK (JUKLAK) RAMADHAN NET KONTES 2012 [1433 Hijriyah] MAKSUD DAN TUJUAN : Memeriahkan Bulan suci Ramadhan serta menyambut hari Raya Idhul Fitri ...

Entri Populer

Arsip Blog