ISTILAH-ISTILAH DALAM BERKOMUNIKASI.

Sering sekali terdengar ada orang panggil-panggil di radio di frekuensi band amatir tanpa memahami apa istilah yang digunakan itu. Maka tidak jarang yang mau merespon panggilan mereka. Mungkin ada sebagian yang belum begitu tahu istilah-istilah dalam komunikasi radio pada band amatir ada banyak istilah dalam komunikasi ini, atau bahasa orari (istilah dalam pencarian di gogle) yaitu;

   a. BREAK
Hanya digunakan apabila akan menyampaikan berita darurat. Dari nada maupun artinya mengharuskan komunikasi antar stasiun "diputuskan" dengan paksa, apabila didalam komunikasi jarak jauh (Dx-ing) dimana propagasi tidak mengungtungkan dan penerimaan sulit, maka kata break dapat digunakan sebagai pengganti over/go ahead, misalnya; This is YB8TLN break, break.
Catatan : Jangan menggunakan kata Break apabila tidak untuk membawa/menyampaikan berita darurat.
Apabila betul-betul membawa berita darurat/emergency, penggunaan Break agar disertai nama panggilan, misalnya : Break YB8TLN


   b. A BREAKER
Istilah Breaker berasal dari Amerika Serikat (USA). Saat ini di negara asalnya (USA) sudah tidak dipergunakan lagi karena istilah ini lebih banyak dipakai di Citizen Band.
Harus disadari bahwa kita adalah stasiun Amatir Radio "A Ham Station" yang mempunyai KODE ETIK dan bukan stasiun "PEMUTUS" seperti yang tersirat didalam kata/istilah "BREAK" tersebut.

   c.KODE Q
Bahwa kode Q dibuat untuk keperluan telegraphy dengan tujuan untuk mempersingkat berita. Penggunaan Q Codes didalam Telegraphy tidak dilarang, tetapi dihimbau untuk digunakan dengan tepat dan tidak berlebihan.
Kode "Q" diciptakan untuk mempersingkat berita, jadi tidak dapat untuk diperpanjang lagi.
Misalnya : QSL menjadi Quebec Romeo Lima dan sebagainya.
Pelajari dahulu sebaik-baiknya yang tersirat pada Q Codes agar tidak menimbulkan salah pengertian. Misalnya :


YB8TLN disini YCØGIN Lima Sembilan QRU (tidak QRU nil) dan sebagainya.
Catatan : Dalam hal terjadi kesulitan berkomunikasi karena keadaan propagasi yang kurang baik atau kurang dikuasainya aksen bahasa Inggris, maka penggunaan Q Codes dapat lebih dimengerti. QSL Card, QSL Bureau, QSL Manager, QSL Manager, QSL Information adalah istilah yang digunakan untuk kartu QSL, Biro QSL dan seterusnya, jadi tidak termasuk dalam KODE "Q"

   d.ROGER
Penggunaan istilah ini telah mencapai tingkat yang berlebih-lebihan sehingga menyimpang dari pengertian istilah itu sendiri. ROGER berarti "berita telah diterima" secara lengkap (acknowledge that message has been received completely). Roger bukan pula berarti bahwa berita yang diterima sudah dimengerti dan akan dilaksanakan, Roger bukan berarti YA, karena YA telah diciptakan/digunakan YA, dan untuk TIDAK telah diciptakan/menggunakan istilah NEGATIVE atau gunakan bahasa umum : TIDAK.

   e. SKED
Apabila ada Amatir Radio yang mengadakan panggilan disertai kata "SKED", berarti yang bersangkutan telah mengadakan perjanjian untuk berkomunikasi dengan stasiun lain pada hari/jam/waktu yang telah ditentukan jauh hari sebelumnya. Bagi stasiun Amatir Radio lain yang kebetulan bekerja pada frekuensi tersebut, mendengar istilah SKED digunakan, agar bergeser atau memberikan prioritas bagi stasiun tersebut.

    f. OVER / GO A HEAD
Istilah yang dipergunakan untuk mengakhiri suatu pembicaraan, dianjurkan agar rekan-rekan Amatir Radio di Indonesia juga menggunakan istilah "OVER/GO AHEAD" DARI PADA ISTILAH "GANTI", (contohnya yang bagus kalau kita denger pak Broto YC1BRT kalau beliau bilang OVER... mantab sekali..., demikian juga pada Bu Nunung YC2TLR kalau bilang GO HEAD... aduh... mesra.. sekali) semua tanpa meninggalkan tata bicara yang baik.

   g. REGION
Istilah Region hanya dipakai sesuai dengan ketentuan yang dikeluarkan oleh ITU, yaitu pembagian wilayah komunikasi dunia yang dibagi menjadi tiga wilayah/region (RR 8 -1, No.393 - 399).
Region I - untuk Africa dan Eropa, termasuk Rusia
Region II - untuk benua Anerica termasuk Canada dan Greenland
Region III - untuk Oceania dan sebagian Asia
Apabila seorang Amatir Radio melaksanakan kegiatan stasiun amatir Radio begerak (mobile), dia harus menyebutkan dengan jelas daerah/wilayah komunikasi(Wilkom).
Misalnya : This is YB8TLN Land Mobile / 9.

   h. FREKUENSI DX WINDOW
Adalah frekuensi yang secara International meskipun tidak diikat oleh peraturan, telah disepakati untuk dilowongkan oleh segenap Amatir Radio dunia dan khusus digunakan bagi komunikasi Jarak Jauh/DX dan seyogyanya tidak digunakan untuk komunikasi lokal/nasional, kecuali dalam hal komunikasi Darurat/Emergency.

semoga bermanfaat. 73.

2 komentar:

  1. Seorang breaker memang harus menguasai istilah-istilah ini. Begitu lama ane tak berkiprah lagi,jadi lupa dech.
    Makasih dah sharing,happy blogging.
    Break...,rojer !

    BalasHapus
  2. mohon masukannya para senior...
    kapan kata-kata berikut tepat digunakan:
    - lojer
    - kopi
    - break
    - kontek
    - monitor
    - stanby
    - lajur
    - frekuensi

    yg berikutnya apa-apa saja yg tidak tepat dibicarakan di udara?
    terimakasih

    BalasHapus

Recent Posts

PANITIA INDONESIA NETWORK (JUKLAK) RAMADHAN NET KONTES 2012 [1433 Hijriyah] MAKSUD DAN TUJUAN : Memeriahkan Bulan suci Ramadhan serta menyambut hari Raya Idhul Fitri ...

Entri Populer

Arsip Blog