Cara dan Syarat Bergabung di ORARI dan RAPI

Menggunakan radio komunikasi banyak berawal dari iseng atau berawal dari hobby dan mungkin dari rasa ingin tahu dan sekedar hiburan semata untuk mengisi waktu luang . Seperti banyak yang telah (dulu) dilakukan seorang anggota radio amatir pada mulanya. Memang tidak bisa dipungkiri beberapa persen dari pengguna radio komunikasi apalagi 2meter band begitu banyak berkembang bak jamur di musim penghujan. Rata-rata tidak mempunyai ijin dalam penggunaannya. Bukan hanya perorangan malah ada juga perusahaan atau organisasi tertentu yang juga mengguunakannya secara “ilegal” dan bisa dikatakan “liar”. Sehingga sering sekali frequency yang telah diatur dan dialokasikan
banyak terganggu saat digunakan berkomunikasi. Sebenarnya kalau dipertimbangkan antara mempunyai ijin dan tidak akan lebih banyak didapatkan mannfaatnya daripada tidak dan hal ini akan dirasakan setelah bergabung.
Ada banyak alasan yang mereka katakan, diantaranya tanpa menggunakan ijinpun mereka bisa dengan leluasa menggunakan frequency sesuka hati. Ada juga terkendala karena biaya untuk mengikuti atau bergabung pada organisasi atau memperoleh ijin dan ada juga yang tidak tahu bagaimana menjadi anggota amatir radio untuk mendapatkan IAR (ORARI) ataupun mendapatkan ijin untuk penggunaan radio komunikasi IKRAP (RAPI).
Bagi yang belum tahu bagaimana cara dan syarat-syarat bergabung / menjadi anggota ORARI atau RAPI saya sedikit ada info buat Anda.

Syarat-syarat umum untuk bergabung ke ORARI
• Warga Negara Indonesia
• Umur sekurang-kurangnya 14 (empat belas) tahun
• Berkelakuan baik berdasarkan Surat Keterangan Kelakuan Baik dari kepolisian.
• Melampirkan pasfoto ukuran 4X6 cm 3 (tiga)lembar
• Menandatangani surat perjanjian surat pernyataan bermaterai dan blangko AR6
• Membayar biaya Ujian
• Mengikuti beberapa ujian materi dan lulus.
Syarat lainnya yaitu mengisi blangko BENTUK AR5 yang ditujukan kepada Dinas Perhubungan Telekomunikasi dan Informatika di tingkat provinci yang telah disediakan pengurus lokal. yang dilampiri beberapa dokumen untuk pertimbangan, yaitu:
1. Rekapan Kartu Tanda Penduduk (tanda pengenal lainnya)
2. Surat Keterangan Kelakuan Baik dari kepolisian.
3. Rekaman SKKAR atau Ijasah OTTR/Perwira Radio Elektronika?Operator Radio
4. Pas foto 2X3 Cm 4 (lembar)
5. Surat Keterangan tidak berkeberatan dari orang tua/wali bagi yang belum berumur 18 tahun.
6. Formulir Bentuk AR-6 yang telah diisi dan dibubuhi materai Rp.6.000,-
7. Formulir bentuk AR-7 yang telah diisi dan dibubuhi materai Rp.6.000,-
8. Skema dan data teknik lengkap dari pemancar.
9. Rekaman IAR/IAR asli.
10. Rekaman Kartu Tanda Anggota Organisasi.

Kemudian untuk tempat pendaftaran dilakukan di lokal masing-masing calon anggota tinggal atau berdomisili. Selanjutnya nanti pengurus lokal akan meneruskan dan memberi pengarahan selanjutnya. Untuk melengkapi persiapan sekaligus belajar lebih dalam tentang ORARI dan apa itu ORARI   Silahkan Anda dengan cara
tatacara dan bagaimana komunikasi yang baik,  penggunaan kode komunikasi,  ketentuan teknis penggunaan radio, manfaat dan fungsi serta tujuan amatir radio, peraturan dan undang-undang tentang komunikasi dan masih banyak lagi informasi lainnya yang sangat perlu diketahui bagi seorang calon anggota amatir radio maupun bagi pemula. Ada juga beberapa pengetahuan yang perlu diketahui dan dipelajari untuk calon Amatir radio dan beberapa contoh soal latihan ujian amatir radio; klik disini

Selain ORARI di Indonesia juga ada namanya RAPI Anda juga bisa bergabung disitu Terus bagaimana cara mendapatkan IKRAP (Izin Komunikasi Radio Antar Penduduk) dan IPPKRAP (Izin Penguasaan Perangkat Komunikasi Radio Antar Penduduk)

Informasi; Orari Daerah Jawa Tengah akan menyelenggarakan Ujian Negara Kecakapan Amatir Radio pada hari Minggu tgl 08 Mei 2011 bertempat di Kampus STT Wiworotomo Purwokerto. Pendaftaran dan Informasi selanjutnya silahkan hubungi lokal masing-masing.


Pencarian terkait, Jadwal Ujian Orari 

Syarat umum menjadi Anggota RAPI

Yaitu setiap Warga Negara Indonesia, setelah memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan Pemerintah dan Organisasi RAPI dalam penyelenggaraan Komunikasi Radio Antar Penduduk.
Yang dimaksud telah memenuhi persyaratan dari Pemerintah yaitu memiliki IKRAP IPPKRAP dan perangkatnya telah memenuhi persyaratan teknis.
Yang dimaksud dengan telah memenuhi persyaratan dari Organisasi adalah telah memiliki Kartu Tanda Anggota RAPI.
Izin Komunikasi Radio Antar Penduduk (IKRAP) diberikan kepada perseorangan yang memenuhi persyaratan sebagai berikut :
Warga Negara Indonesia.
• Umur serendah-rendahnya 17 tahun.
• Bertempat tinggal di Indonesia.
• Berkelakuan baik.
• Membayar biaya administrasi dan biaya izin.
• Menjadi anggota organisasi RAPI.

Pengurusan izin dan KTA dilaksanakan di Sekretariat Lokal setempat oleh calon anggota bersangkutan dan tidak boleh diwakilkan.Sebagai contoh saja jika saya ingin bergabung karena saya di Boja KENDAL otomatis saya menghubungi kantor Sekretariat RAPI Lokal Boja Kendal region 11 melalui ketua lokal ( saat ini JZ11KDY ). Tidak lama kemudian Kepada CA (Calon Anggota) akan dilakukan wawancara (tanpa test) oleh Pengurus Lokal dalam hal ini oleh Ketua Lokal atau Kepala Seksi Organisasi dan Personalia.Seperti yang saya lakukan setelah melengkapi berkas dan membayar akan langsung mendapat Nomor CA selang beberapa minggu langsung keluar nama panggilan, yaitu JZ11FPY.

Adapun berkas-berkas yang harus disiapkan untuk Izin Baru adalah sebagai berikut
1. Mengisi Formulir Surat Pernyataan Menjadi Anggota RAPI dan Permohonan
2. Mengisi Formulir Permohonan IKRAP & IPPKRAP, bermeterai Rp.6000,-
3. Surat Berkelakuan Baik dari Kepolisian (asli + copy 3 lembar).
4. Rekaman KTP ( 4 lembar)
5. Pas Photo berwarna 2 X 3 sebanyak 8 lembar
6. Mengisi Rekening Giro 5 Lembar ( Pusat, Daerah, Kanwil, Wilayah, Lokal)
7. Membayar biaya perijinan dan administrasi.
8. Kartu Tanda Anggota, bermeterai Rp. 6000,-

Setelah semua berkas lengkap silahkan hubungan lokal Anda. Sebagai tambahan untuk menjadi anggota RAPI mekanismenya sebagai berikut;
1. Anggota/Calon Anggota mengurus ke Sekretariat Lokal dengan membawa persyaratan yang telah disiapkan.
2. Pengurus Lokal setelah meneliti kelengkapannya, akan meneruskan ke Sekretariat Wilayah.
3. Berkas yang sudah diperiksa ulang diteruskan ke Sekretariat Daerah dengan surat pengantar berkas dari Wilayah.
4. Sekretariat Daerah akan mengeluarkan Tanda Terima Sementara dan Alokasi Callsign Calon Anggota/Anggota.
5. Sekretariat Daerah selanjutnya akan mengirim berkas tersebut ke Dinas Perhubungan Propinsi untuk permohonan IKRAP dan IPPKRAP.
6. Sekretariat Daerah memproses Kartu Tanda Anggota.
7. Berdasarkan Tanta Terima Sementara dari Sekretariat Daerah, sekretariat wilayah memproses Papan Callsign/Stiker
8. IKRAP, IPPKRAP, KTA yang telah selesai secara bertahap akan diserahkan kepada Anggota melalui Sekretariat Wilayah dan Sekretariat Lokal.

Ok, semoga sedikit yang saya tahu ini bermanfaat bilapun ada salah atau kurangnya saya mohon maaf. Apapun pilihan Anda di ORARI atau RAPI atau tetap ingin mendapat predikat "liar atau ilegal" dan tidak mendapat kelebihan-kelebihan yang bukan sekedar hobby, iseng atau mengisi waktu luang Anda, semua di tangan Anda. Namun perlu dicatat dan digaris bawahi berkomunikasi menggunakan radio hukumnya adalah wajib memiliki ijin karena jelas semua diatur oleh Undang-Undang, Peraturan Pemerintah, maupun Peraturan Menteri.

S E L A M A T - B E R G A B U N G
Informasi; Orari Daerah Jawa Tengah akan menyelenggarakan Ujian Negara Kecakapan Amatir Radio pada hari Minggu tgl 02 Des 2012 bertempatdi Magelang.
informasi ini belum lengkap. selengkapnya segera menyusul.

 BERITA TERBARU JADUAL Ujian Negara Amatir Radio (UNAR) menurut surat edaran ORDA JATENG akan diselenggarakan tanggal 12 Mei 2013, karena waktunya bersamaan dengan Kampanye Pilgub Jateng, Maka;
dalam rapat gabungan pada Tanggal Senin 18/03/2013,antara Balmon Kelas II Semarang,Pengrus ORDA JATENG, Pengurus ORARI Korwil III Pekalongan dan Pengurus ORLOK Kota Tegal,
waktunya dimajukan menjadi tanggal 5 Mei 2013.
Tempatnya tetap, di Kota Tegal.
Lokasinya menyusul, karena ada 3 lokasi yang masih harus disurvey oleh Panitia.
Tapi pilihan yang diharapkan adalah di Kampus SUPM (Sekolah Usaha Pelayaran Maritim) Kota Tegal.

39 komentar:

  1. semoga dapat membantu bagi blogger yang ingin bergabung...

    BalasHapus
  2. Apakah pendaftaran anggota RAPI atau ORARI bisa secara online?

    BalasHapus
  3. @ Regen's THX.
    @ Yenny A , sejauh ini yang saya tahu adalah melalui lokal di masing-masing wilayah.

    BalasHapus
  4. kalau yang di ungaran tempat daftar nya dimana yaa ?

    BalasHapus
  5. apakah dimungkinkan seseorang menjadi anggota ORARI dan juga anggota RAPI?

    terima kasih.
    Daniel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin saja dan sejauh tidak menyalahi aturan masing-masing organisasi. dalam hal ini kode etik.

      Hapus
  6. @Anonim
    Saya kira mungkin sop,katakan bisa. Tapi tahu peraturan sekarang.

    @YD2TFB
    Untuk usia tua seusia ane,belajar morsenya jadi kendala untuk bisa menjadi seorang anggota ORARI,sop.
    Nice share,thanks kawan,happy blogging.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tanya Pak untuk lokal serang banten jadwal ujian calon anggota ORARI kapan ?

      Terima kasih.

      Kherman

      Hapus
    2. informasi dari ORDA Banten perihal jadwal Ujian Negara Amatir Radio pada November 2012. Menurut Pengurus Lokal sudah membuka pendaftaran.Sikahkan mendaftar dan selamat bergabung.

      Hapus
  7. salam 51-55
    klo blh tau... jadi anggota rapi baru itu buat mendapatkan 10-28 nya selama berapa bln? trs skalian mendapatkan papan 10-28 nya?? apa sampai tahunan? karna itu tadi msh diserahkan kesini kesitu... jadi ya tunggu luama banget kelihatannya.terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sejauh pemegang mekanismenya [pengurusnya] tidak lelet saya yakin tidak lebih dari dua bulan. seperti yang saya alami 10-28 saya dapat 3 minggu setelah berkas lengkap dan saya serahkan enam minggu berikutnya sudah langsung mendapatkan IKRAP.

      Hapus
  8. Susahan jadi anggota ORARI ya daripada RAPI. Siang ini saya mau datengin RAPI lokal untuk pendaftaran. Thanks mas infonya... *ganti*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah atau susah, kelebihan dan kekurangan pilihan ada di tangan Anda. Selamat begabung sobat.

      Hapus
  9. minta informasinya pa...siapa pengurus rapi lokal jatiasih-bekasi dan no tlp yg bisa dihubungi, sy mau urus callsign (keanggotaan rapi )....

    BalasHapus
  10. THANKS INFONA MZ,,SYARAT KYAKNA UDAH LENGKAP N CEPET2 MO BRGBUNG K ORARI..

    BalasHapus
  11. THANKS INFONA,,,SYARAT UDAH LENGKAP SMUA TNGGAL NUNGGU WAKTUNA AJA.KYAKNA CENDERUNG K ORARI MZ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih balik mas Dayat.., syarat punya om Agus yang dititipkan ke saya saya teruskan ke pengurus. Dan betul nanti tinggal nunggu jadwal ujian amatir radio nya.

      Hapus
  12. Mohon info, kalau pengguna HT yang sifatnya personal (tidak terkait lembaga/organisasi) dan tidak punya stasiun apakah cukup urgen untuk gabung RAPI/ORARI?

    BalasHapus
  13. bagaimana cara mengurus izin kalau pengurus lokal tidak aktif?thank's

    BalasHapus
  14. sekarang naik tingkat persyaratanya apak pak?.................

    BalasHapus
  15. SaLut bWt mAs YayaN,..teLah p0sTin9 or9aNisaSi Radi0,..ORARI MAuPUn RAPI,..
    ,..tErUskAn bhAkTi Ne9eRi LeWat k0mUnikAsi,..
    JZ 11 FTB,.

    BalasHapus
  16. Tolong di bantu...
    Syarat syarat di permudah..
    Jangan ngejelimet..
    Trims

    BalasHapus
  17. terima kasih artikelnya pak, sy juga sementara bermohon untuk jadi anggota RAPI

    BalasHapus
  18. mohon bantuannya,.. untuk lokal cengkareng saat ini saya bisa menghubungi siapa ya? karna ga nyaman juga neh, sering bawa rakom tapi tanpa ijin. tq

    BalasHapus
  19. Numpang tanya om,,,saya status ktp di banjarnegara jawa tengah, tapi 2 tahun ini punya job di tasikmalaya, dan rencana mau pindah k tasik. kl pakai kartu domisili sementara sambil nunggu srt pindah ke tasik bisa ga ya,tuk pengurusan ijin Rapi nya, ,,,, mohon pencerahan????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sebelumnya mau singgah.
      Saya hanya bisa menyarankan, Anda sementara mendaftar di sekretariat lokal Tasik dahulu sambil menunggu berkas lengkap. dalam hal ini KTP /Domisili. Itupun jika Anda ingin menetap di Tasik, Kalaupun hanya sementara Anda bisa mendaftar di Lokal Banjarnegara saja yang tidak perlu menunggu kelengakapan untuk persyaratan, Toh Nama panggilan Anda juga berlaku Nasional & dapat digunakan dimanapun / di Indonesia)

      Hapus
  20. Kelihatannya ribet juga ya?
    padahal saya sebenarnya tertarik nih..

    Kalau tidak keberatan, saya mau tanya beberapa hal yang masih belum ngerti:
    - apa harus punya pemancar dahulu sebelum bergabung? (syarat no.8: skema lengkap pemancar)
    - apa bedanya antara ORARI dan RAPI? apakah berbeda dalam hal frekuensi yang boleh digunakan?
    - apakah ijin dan Nama Panggil ini berlaku internasional?
    - kalau hanya untuk permulaan, untuk menekan biaya, saya maunya pakai HT handheld (bener gak namanya ya?) saja supaya tidak perlu investasi untuk antena, ampli, dsb.. bagaimana menurut anda?

    Terima kasih banyak sebelumnya..
    Salam,
    heru

    p.s. Kalau boleh saran, fasilitas "click-kanan" di blognya lebih enak dibuka saja, karena sangat praktis bagi yang senang "open-in-new-tab" seperti saya.
    Karena kalau tujuannya untuk mengamankan konten atau tulisan supaya tidak dicopy juga tidak efektif kok (masih bisa dicopy juga).. yah, sekedar saran, mudah2an tidak menyinggung.. :)

    BalasHapus
  21. Saya tertarik untuk bisa bergabung dengan RAPI, Mohon info om.. Apakah ada bimbingan organisasi (BO) RAPI untuk wilayah jabodetabek? saya belum dapat info ada diadakan kapan dan dimananya.

    Mohon pencerahaan nya.

    BalasHapus
  22. Mohon info untk daerah Jogja,apakah bsa mengajukan ijin dulu sebelum punya pesawatnya.thx

    BalasHapus
  23. Selamat siang Om-Om, saya mau tanya kapan ya ujuian ORARI wilayah Bekasi. Dan apakah KTP Bekasi bisa ikut ujian wilayah Jakarta, terima kasih.

    BalasHapus
  24. cara daftar anggota orari di jaksel dimana ya pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk Jak Sel salah satunya Anda bisa datang ke Kantor Sekretariat d/a;
      Gedung Kecamatan Tebet
      Jl. Prof. Dr. Supomo SH, Jakarta Selatan
      Stasiun Organisasi : YCØZDO
      Frequency : 145.440 MHz, 438.440 MHz

      Hapus
  25. www.carliezuloindian.blogspot.com by m.nur jz 01 czi hp.085270561973

    BalasHapus
  26. Skema dan data teknik lengkap dari pemancar.>>>>>> lho ternyata banyak YB .....yg nggak bisa nyolderrrrrr

    BalasHapus
  27. Yth, Admin.
    - Adakah contoh angota ORARI yg telah lulus ujian berumur 14 tahun?
    - Logikanya, bagaimana lulus ujian kalau belum menggunakan alatnya (alih2 utk pake alatnya harus ada izin)?
    - Tolong dijawab jujur teman saya bilang, untuk menjadi agt ORARI itu gampang, kasih >> DUIT << ujian hanya formalitas benarkah demikian?
    - Dalam keseharian, saya lebih sering melihat agt RAPI saat ada Bencana Alam dibanding dengan ORARI.

    BalasHapus
  28. Thanks sob Infonya, mampir dimari juga yach...
    www.rifastore.net

    BalasHapus

Recent Posts

PANITIA INDONESIA NETWORK (JUKLAK) RAMADHAN NET KONTES 2012 [1433 Hijriyah] MAKSUD DAN TUJUAN : Memeriahkan Bulan suci Ramadhan serta menyambut hari Raya Idhul Fitri ...

Entri Populer

Arsip Blog