Komunikasi Menggunakan EchoLink

EchoLink adalah komputer berbasis sistem Radio Amatir yang memungkinkan amatir radio untuk berkomunikasi dengan sesama amatir menggunakan Voice over IP (VoIP) Komunikasi ini dilakukan menggunakan teknologi berbasis  internet. Perancang EchoLink adalah Jonathan Taylor, seorang amatir radio dengan callsign K1RFD.
Sistem ini memungkinkan koneksi yang dapat digunakan di seluruh dunia namun pengguna terbatas antara amatir radio, dan diharapkan meningkatkan kemampuan Amatir Radio's komunikasi. Pada dasarnya sistem ini sama dengan aplikasi VoIP lainnya (seperti Skype), perbedaanya ada penambahan dari kemampuan untuk link ke transceiver stasiun radio amatir's. Tak ubah bedanya dengan
eQSO namun untuk EchoLink saat ini masih terus dirilis dan mendukung beragam OS dan device. Diantaranya Linux, windows iPhone Android dan windows mobile. Perangkat lunak ini berjalan pada 32-bit dan versi 64-bit dari Microsoft Windows. Edisi lain perangkat lunak berjalan pada perangkat mobile Apple (iPhone, iPod touch, dan iPad), dan tersedia dari Apple App Store. Yang terakhir versi Android. Sedangkan untuk eQSOsudah tidak dikembangkan lagi oleh Paul Davies, M0ZPD.

Perbedaan yang mencolok saat digunakan adalah pada kuwalitas suara. Yang pernah saya alami pada waktu mengkoneksikan Gateway melalui EchoLink dan eQSO sangat jauh bedanya. Dengan Echolink selain lebih jernih kita juga sekaligus masuk pada komunitas Amateur Radio World Wide. Namun disisi ada kelebihan dibanding dengan software eQSO tentu ada kelemahannya, yaitu bagi yang koneksinya "ngos-ngosan" alias tidak stabil akan sulit tekoneksi dengan teman yang lain ( walau hanya sekedar RX mode / untuk monitor saja). Untuk itu ada baiknya Anda gunakan software Echolink auto connect versi 1.31, silahkan [klik disini]

Penggunakan perangkat lunak EchoLink dapat beroperasi dalam satu dari dua mode:

   1.  Mode Single User. Yang kita kenal dengan istilah penguna PC Client.
    
   2.Sysop Mode. yaitu menuntut penghubung untuk sendiri atau dipancarkan melalui transceiver VHF/ UHF ke PC atau sebaliknya.
Dengan tambahan Interface yang khusus dirancang ke Internet dengan antarmuka hardware Untuk skema interface sama dengan skema yang kita gunakan pada skema interface eQSO. Jadi amatir radio lain dengan transceiver mereka sendiri, yang berada dalam jangkauan radio stasiun yang nge-Link ini, dapat berkomunikasi dengan (atau melalui) setiap stasiun yang dilengkapi EchoLink-lain diseluh dunia. Lagi-lagi tidak jauh beda dengan gateway eQSO yang sudah sering kita gunakan atau kita dengar melalui tranceiver. Selain di link hanya mengunakan radio hal ini juga dibolehkan di link melalui repeater sehingga jangkuan yang lebih luas dan perangkat yang sederhana setidaknya sudah bisa membuka dan terhubung ke seluruh dunia.

Yang perlu diketahui sebelum menggunakan sistem calon pengguna harus mendapat validasi dan tentunya ber Callsign. Sistem EchoLink mengharuskan setiap pengguna baru memberikan bukti  dari lisensi dan identitas tak ubahnya pada saat registrasi pada eQSO, hal ini dimungkinkan untuk menghindari penyalahguaan tentunya. Untuk cara registrasi setting dan pengoperasian EchoLink sekali lagi tidak beda dengan registrasi di eQSO untuk lebih jelas silahkan baca postingan terdahulu.

Pertama yang dilakukan tentunya adalah downloud software EchoLink -nya. Sekaligus Anda melakukan registrasi. Untuk downloud software EchoLink silahkan KLIK DI SINI (gratis). Catatan sebelum anda registrasi siapkan dulu file scanner atau foto lisensi dan identitas yang nanti kita uploud. Validasi biasanya memakan waktu tidak lama tidak seperti yang terjadi pada Validasi eQSO yang saya alami terdahulu yaitu satu hari. Setelah downloud jalankan softwarenya tentunya dengan kita instal dulu.
Karena disini ada perbedaan antara Single User dan SysOp Mode Untuk menjalankan pertama kita pilih mode dulu Single User atau SysOp Mode. Kalau Single User untuk kita pakai sendiri dan tidak untuk di Link kembali atau dipancarkan melalui Repeater.
Sebagai contoh Untuk Single User
Setup dulu dengan klik pada Toll – Setup –Pada My Station kemudian tulis nama callsign nama, lokasi, alamat email (harus valid) dan pasword yang sudah didapat dari validasi Setelah lengkap pada server kita gunakan yang defaults. Untuk Proxy klik pada Direct Connect (No Proxy). Kemudian Untuk Timing Sesuaikan berapa detik limit yang digunakan.
Setelah itu pada Audio kalau saya pergunakan input dan output devicenya default
Terakhir untuk setup pada performa aturlah sesuai Network dan PC buffering Anda.

Setelah itu Anda dapat memilih User, Reapeter atau Link mana yang hendak di connect dengan cara klik pada user atau reapeter tersebut. untuk User disini bergambar kepala orang sedang link bergambar rantai dan untuk reapeter bergambar mata gear.
Setelah klik pada salah satunya hubungkan dengan klik lagi gambar rantai di pojok kiri atas. Sebagai contoh pada gambar dibawah ini misalkan Anda ingin terhubung pada EchoLink Indonesia silahkan Klik pada Callsign YC0NYO-R Kemudian hubungkan dengan cara Klik pada simbul gambar rantai berwarna hijau (connect). Berhasil atau tidaknya terhubung  dibawahnya akan ada keterangan. Kemudian untuk keluar atau memutus kita klik lagi simbol rantai berwarna merah (disilang/disconnect).

Terakhir sesuaikan audio yang keluar atau masuk aturlah sedemikian sampai maksimal kualitas suara yang paling enak.. ( emang makanan,,,) melalui control panel di settingan audio device.

Makin terbuka dunia makin mudah untuk ber DX ria.


(Tentunya ada banyak kekurangan tulisan ini, untuk itu silahkan tambahkan pada comment penjelasan  ataupun saran untuk membantu teman-teman yang lain) *semoga bermanfaat
Ok dech selamat Ber QSO Semoga kita boleh dijumpakan di EchoLink. 73

7 komentar:

  1. salam Blogger!
    salam kenal.......

    Visit me:
    http://arifjainuri.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. Imformasi menarik dan bagus.Saya penikmat radio komunikasi,sangat senang sekali dengan info ini.Sekarang saya di Serui-Papua,asal Jawa Barat(Ciamis),makasih banyak sahabtku!
    salam kenal,salam blogger!

    BalasHapus
  3. I Am Seafarer My Licence Enginner Officer Class Two ( ATT.2 )Visited My Blog www.yose-sixx.blogspot.com My Respect www.myspace.com/yose_rizal_rustam \m/ \m/

    BalasHapus
  4. saya pengen bisa berkomunikasi lewat gateway ini caranya gimana yaaa....??? call sign saya YD2CAX perangkat pakai Alinco DJ195

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Om Kusuma / YD2CAX , Jika Anda ingin berkomunikasi menggunakan radio, tentu harus melalui gateway / link. Jika Anda di call area 2 bisa melalu gateway / link dari YC2BYC (Semarang), YC2PWL (Semarang) atau bisa juga melalui gateway yang lain silahkan lihat pada daftar nama gateway dan frequenci-nya pada http://yd2tfb.blogspot.com/2010/11/daftar-gateway-eqso-iqso-di-indonesia.html

      Hapus
  5. kinjungan perdana...wah bagus tutorialnya....salam kenal sekalian minta pamit ngambil kode HTML blog anda inspect element(Q)....maklum ada rencana buat blog baru berbasis rupa2.... sy coba naruh di java scrip...ok bror....73 cerio.

    BalasHapus

Recent Posts

PANITIA INDONESIA NETWORK (JUKLAK) RAMADHAN NET KONTES 2012 [1433 Hijriyah] MAKSUD DAN TUJUAN : Memeriahkan Bulan suci Ramadhan serta menyambut hari Raya Idhul Fitri ...

Entri Populer

Arsip Blog