Lambang / Logo ORARI

  • A. Logo ORARI
  • B. Panji ORARI
  • C. Pataka ORARI
  • D. Dhuaja ORARI 
 __________A__________
 Lambang / logo Organisasi Amatir Radio Indonesia berbentuk sebuah belah ketupat yang ke-empat sudutnya dibulatkan dan berdiri dengan diagonalnya yang terpanjang vertikal, didalamnya berlukiskan lambang - lambang khas radio yaitu berturut-turut dari atas ke bawah : Antena, Kumparan, Kapasitor Variabel dan bumi, serta berlukiskan ORARI dengan huruf kapital diantara pelat-pelat kapasitor variabel.

BENTUK DASAR LAMBANG / LOGO ORARI - LUKISAN DAN TULISAN
  1. Belah ketupat dengan perbandingan Lebar dan Tinggi = L : T = 4 : 9, dan keempat sudut-sudutnya A, B, C, dan D dibulatkan secara serasi.
  2. Lambang Antena dengan ketiga ujungnya bebas ( tidak dihubungkan dengan garis datar menyilang )
  3. Lambang kumparan, terdiri atas tiga lilitan
  4. Lambang Kapasitor Variabel, dengan anak panah menyilang serong kekanan.
  5. Lambang Bumi ( Ground ), terdiri atas lima garis mendatar, yang terbawah dibentuk menjadi segi tiga
  6. Tulisan ORARI dengan huruf Kapital
WARNA LAMBANG / LOGO ORARI

     1. WARNA STANDAR MERAH DAN PUTIH
          a. Dasar dalam dan dasar luar berwarna Merah
          b. Belah ketupat, Lambang-lambang radio ( Antena, Kumparan, Kapasitor Variabel, dan Bumi ) serta tulisan ORARI berwarna Putih
          c. Jika perlu diluar Dasar Luar dapat ditambahkan tapi berwarna putih ( untuk stiker dan           lain-lainnya)
     2. WARNA STANDAR HITAM DAN PUTIH
          a. Dasar Dalam berwarna Putih
          b. Belah Ketupat, Lambang-lambang Radio, dan Tulisan ORARI berwarna Hitam.
          c. Jika perlu diluar dan sejajar dengan Belah Ketupat, dapat ditambahkan Garis luar berwarna hitam
     3. WARNA LAIN Disesuaikan dengan butir a atau b diatas

MAKNA dan ARTI LAMBANG / LOGO ORARI
  1. Belah Ketupat. Bentuk ini sudah menjadi Tradisi bagi seluruh Amatir Radio sedunia, Radio Amatir memang merupakan merupakan suatu hobby yang sifatnya Internasional, dan satusatunya yang diatur melalui perjanjian antar - negara, dengan diretifikasi oleh tiap-tiap Pemerintah negara-negara yang bersangkutan. Menyadari bahwa ORARI sebagai wadah Amatir Radio di Indonesia mempunyai ikatan dengan organisasi - organisasi Radio Amatir di seluruh dunia, maka diputuskan bahwa lambang / Logo ORARI harus memiliki bentuk Belah Ketupat
  2. Lambang Radio. Lambang radio yang terlukis pada lambang/logo ORARI, memberikan gambaran yang lebih spesifik tentang hobby Radio Amatir, Empat komponen yang berupa Antena, Kumparan, Kapasitor Variabel, dan Bumi, merupakan unsur-unsur yang selalu hadir pada setiap stasiun Radio Amatir.
  3. Tulisan ORARI. Walau hobby Amatir Radio bersifat Internasional, organisasi yang menjadi wadah Amatir Radio disetiap negara selalu bersifat nasional, Di Indonesia wadah ini adalah ORARI, yang merupakan organisasi tunggal pembina segenap amatir radio dan kegiatannya di seluruh negara Republik Indonesia, baik Warga negara Indonesia maupun asing. 
  4. Landasan Pancasila.  Sebagai suatu organisasi amatir radio nasional, ORARI harus dilandasi oleh, dan berpegang teguh pada Pancasila sebagai Idiologie Bangsa dan Dasar Negara Indonesia, Lima sila dari Panca sila dilukiskan pada Bumi yang terdiri dari lima bagian.
  5. Kode Etik Amatir Radio. Suatu hobby yang mempunyai effek lingkungan serta jangkauan yang luas seperti Radio Amatir, dapat membawa akibat-akibat yang negatif apabila anggota-anggotanya tidak dituntun oleh suatu kode etik yang luhur. Kode Etik Amatir Radio yang berisi enam pasal, dilukiskan pada lambang/logo ORARI pada Antena yang bercabang dan kumparan yang terdiri atas tiga lilitan.
__________B__________
Panji ORARI

Pentingnya ada suatu lambang berbentuk Panji/Pataka/Dhuaja/ Tunggul mempunyai makna dan nilai guna dalam memupuk rasa persatuan, pengabdian dan kebanggan bagi setiap Anggota ORARI
Kehadiran Panji Organisasi Amatir Radio Indonesia tingkat Nasional, sebagai syarat kesahan dan atau keresmian dari Kongres dan kegiatan-kegiatan lainnya yang bersifat Nasional, ditempat penyelenggaraan kegiatan tersebut. Panji Organisasi Amatir Radio Indonesia tingkat Nasional, berkedudukan di Jakarta, dan disimpan di Sekretariat Jenderal ORARI Pusat.
Sesuai SURAT KEPUTUSAN Nomor : 04/P/KU/82 tentang PENGESAHAN PANJI ORARI, Panji Organisasi Amatir Radio Indonesia tingkat Nasional, tidak dibenarkan dibawa keluar wilayah Negara Republik Indonesia, sedang untuk keperluan-keperluan kegiatan amatir radio di negara lain dalam mana ORARI turut serta dan perlu membawa panji, dapat dibawa serta duplikat dari Panji asli
BENTUK PANJI ORGANISASI AMATIR RADIO INDONESIA PUSAT.
__________C__________
Pataka ORARI

Pataka ORARI Daerah adalah sebagai pendamping Panji ORARI yang merupakan syarat sah dan / atau resminya suatu Musyawarah Nasional ORARI.
BENTUK PATAKA ORGANISASI AMATIR RADIO INDONESIA
 __________D__________
Dhuaja ORARI 

Dhuaja ORARI Lokal adalah sebagai pendamping Pataka ORARI Daerah yang merupakan syarat sah dan/atau resminya suatu Musyawarah Daerah. Kehadiran Dhuaja ORARI Lokal ini sebagai syarat sah dan / atau resminya suatu rapat umum anggota ORARI Lokal
DHUAJA ORGANISASI AMATIR RADIO INDONESIA
Demikian juga Pataka dan Dhuaja ORARI kecuali untuk keperluan dan pengunaan harus disimpan di Kantor Sekretariat masing-masing. Untuk keperluan kegiatan Amatir Radio yang memerlukan suatu lambang kebanggaan, dapat dibawa “ Duplikat “ Pataka / Dhuaja berupa bendera.

KETERANGAN TEKNIS

     1. UKURAN

          a. Bendera
            1) Panjang : 105 cm + 5 cm jumbai pinggir bendera Lebar : 70 cm + 5 cm jumbai pinggir bendera
            2) Garis tengah bulatan gambar lambang : 40 cm
          b. Bulatan Lambang
            1) Garis tengah bulatan 40 cm
            2) Logo ORARI Tinggi 26 cm; Lebar 13 cm
            3) Huruf ORARI Tinggi 2 cm, Lebar 2 cm Tebal 0,4 cm
            4) Gambar komponen pada logo Tebal 0,4 cm
            5) Huruf “ORGANISASI AMATIR RADIO INDONESIA” Tinggi 3 cm; Lebar 3 cm Tebal 0,4 cm
          c. Huruf nama Daerah / Lokal. Tinggi 4 cm, Lebar 4 cm Tebal 1 cm
          d. Tali plus jumbai diatas Pataka/ Dhuaja, banyaknya 2 (dua) utas dengan ukuran 120 cm dan 140 cm

     2. WARNA

          a. Dasar Bendera : Kuning Emas
          b. Bulatan dasar gambar lambang : Putih
          c. Belah Ketupat logo ORARI dengan warna dasar : Merah
          d. Huruf ORARI dalam gambar-gambar komponen pada logo : Putih
          e. Huruf ORGANISASI AMATIR RADIO INDONESIA pada bulatan Hitam
          f. Huruf - huruf nama Daerah : Merah
          g. Huruf - huruf nama Lokal : Hitam
          h. Tali Pataka dan Jumbai : Kuning Emas
          i. Tali Dhuaja dan Jumbai. : Perak

     3. MAKNA

          a. Lingkaran melambangkan proyeksi dari bola dunia dimana ORARI beraksistensi, berwadah dan sebagai suatu bagian dalam jaringan dunia Organisasi Amatir Radio Internasional.
          b. Belah Ketupat dengan warna merah melambangkan manifestasi keberanian dalam berkomunikasi secara amatir radio dalam sifat maupun tindak tanduknya dalam menjalankan tugas sebagai seorang anggota amatir radio.
  • Berani berpartisipasi aktif dalam kegiatannya bagi negara umumnya, masyarakat khususnya apabila dituntut bantuannya
  • Berani berpartisipasi aktif dalam menghadapi lajunya segala bentuk modernisasi dibidang elektronika
  • Berani berpartisipasi aktif dalam dunia Amatir Radio Internasional
          c. Garis Penghambat berbentuk belah ketupat dengan warna dasar putih melambangkan garis batas yang tegas yang merupakan manifestasi suatu wadah yang jelas batas-batasnya sebagai organisasi yang bersifat amatir dan menjunjung tinggi amatirisme. Berfungsi pula sebagai garis pengikat semua simbol komponen elektronika yang tertera didalamnya dan melambangkan persatuan dan kesatuan organisasi.

1 komentar:

Recent Posts

PANITIA INDONESIA NETWORK (JUKLAK) RAMADHAN NET KONTES 2012 [1433 Hijriyah] MAKSUD DAN TUJUAN : Memeriahkan Bulan suci Ramadhan serta menyambut hari Raya Idhul Fitri ...

Entri Populer

Arsip Blog