Menata Ruang Mungil Minim Bukaan

Ruang-ruang di rumah kopel umumnya berukuran mungil dan minim bukaan. Posisinya yang berimpit dengan rumah tetangga cenderung menimbulkan masalah sirkulasi udara dan cahaya. Oleh karena itu, menata ruang-ruang di rumah kopel memerlukan kecermatan agar kendala-kendala tersebut dapat teratasi.

Berikut beberapa tips dan trik untuk penataan ruang mungil agar tampil lebih indah dan terasa sehat.
  • Memilih furnitur dengan desain yang ringan dan warna cerah. Jika Anda sudah memiliki furnitur berukuran besar, tak perlu khawatir tak dapat digunakan lagi. Siasatnya, beri upholstery  warna lembut dan terang agar tampilan besarnya terkamuflase.
  • Hindari mendekorasi ruang dengan aksesori yang berlebihan, apalagi untuk ruang publik, seperti ruang tamu. Percantikan dari aksesori cukup elemen-elemen mungil. Jika aksesori itu besar, seperti guci tinggi, cukup satu dan diletakkan di sudut.
  • Jika ruang memiliki satu bukaan, maksimalkan bukaan itu. Apalagi jika bukaan mengarah ke ruang luar yang indah atau taman. Bukaan dapat menjadi bingkai keindahan pada ruangan, di samping fungsi utamanya untuk sirkulasi udara dan cahaya.
  •  Anda penyuka artwork , boleh menampilkannya pada ruangan. Warna artwork yang cerah ceria dapat membangkitkan mood ruangan dan menjadikannya hidup. Selaraskan warna artwork dengan salah satu elemen ruang, seperti karpet, gorden, atau bantal sofa.
  • Jika ruang betul-betul tanpa jendela atau bukaan ke luar, fungsikan  ruang untuk yang minim aktivitas, seperti ruang duduk tambahan atau ruang kerja. Untuk bukaan dapat memanfaatkan pintu, yang sebagian atau seluruh daunnya menggunakan kaca.
  • Pilih desain kitchen set model segaris ( I line ) atau bentuk “L” agar sirkulasi orang cukup lancar. Pastikan  furnitur dapur itu berdesain simpel dan memiliki warna netral atau lembut. Warna mencolok boleh digunakan, asal sebagai aksen pemanis.
  • Boleh menggunakan elemen kaca pada salah satu bidang dinding. Namun perhatikan peletakannya agar refleksi ruang dari kaca tersebut efektif dan dapat mengesankan ruang yang luas.
  • Penambahan innercourt dianjurkan untuk memberikan nuansa alami dan kesegaran pada ruangan. Perhatikan perawatannya agar taman dalam ruangan itu selalu tampil bersih dan indah.

Masih banyak tips dan trik lain untuk menata ruang mungil di rumah Anda. Anda pun dapat berkreasi agar ruang-ruang di rumah makin membuat Anda sekeluarga betah.

Penasaran melihat tampilan model-model ruang mungil di rumah kopel dengan penataannya yang inspiratif? Buka saja majalah iDEA edisi 88/VIII/2011. Selamat menikmati inspirasi yang memikat itu. (oleh: Reni Rohmawati)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recent Posts

PANITIA INDONESIA NETWORK (JUKLAK) RAMADHAN NET KONTES 2012 [1433 Hijriyah] MAKSUD DAN TUJUAN : Memeriahkan Bulan suci Ramadhan serta menyambut hari Raya Idhul Fitri ...

Entri Populer

Arsip Blog