Pentingkah LOG BOOK bagi Amatir Radio ?

Masa-masa remaja sering sekali orang menuliskan perasaannya pada sebuah diary. Entah perasaan senang, sedih atau bahkan saat jatuh cinta. setelah beberapa tahun kemudian kadang ingin membuka kembali diary yang pernah dituliskannya itu, dan.. apa yang terjadi kadang mereka bisa tertawa dan senyum-senyum sendiri, bisa juga terasa larut akan masa yang silam karena ingat akan kejadian pada waktu itu.
Demikian juga pada kegiatan komunikasi radio amatir setiap melakukan kegiatan itu ada baiknya kita mencatatnya. Dimana kita akan mencatatnya? apa disecarik kertas atau buku atau note atau diary?
Bagi seorang amatir radio, logbook adalah tempatnya untuk menuliskan catatan harian tentang kegiatan komunikasi radio yang dilakukan.

Pertanyaan dari judul ini jawabnya tentunya ya! karena keberadaan dan penggunaan Log book sangat penting dalam kegiatan Amatir Radio, dari Log book yang terisi dengan baik dapat diketahui kegiatan yang telah dilakukan oleh Seorang Amatir Radio, dan seorang Amatir Radio dapat memperoleh informasi dan melakukan evaluasi kegiatan yang telah dilakukan, dengan Log book yang terisi dengan baik sipemilik akan memperoleh kenangan yang manis dimasa lalunya. bahkan dalam Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 49 tahun 2002 Pasal 54 ayat “ 1 c “ mengharuskan kita untuk memilikinya. Disitu dikatakan bahwa “setiap pemilik IAR diwajibkan memiliki dan mengisi Buku Log atas seluruh kegiatan Amatir Radio“.

Fungsi Logbook adalah :
1. Sebagai data dari kegiatan yang telah dilakukan
2. Sebagai bahan Informasi dan evaluasi
3. Sebagai Benda Kenang-kenangan
4. Sebagai Bahan Laporan

BENTUK LOG BOOK / log sheet

PENGISIAN LOG BOOK
No Nomor urut
Merupakan nomor urut dari komunikasi yang dilakukan

Date Tanggal Komunikasi di laksanakan sebaiknya ditulis dalam bentuk Tanggal, Bulan, Tahun dan penulisan bulan sebaiknya menggunakan huruf.

Time Waktu Komunikasi berlangsung, dalam penulisan waktu agar menggunakan standart UTC ( Universal time coordinate ) yaitu + 5 Jam dari WIT, +6 Jam dari WITA dan +7 Jam dari WIB sebaiknya tidak meuliskan dalam Local Time ( WIT, WITA, WIB) karena akan terjadi selisih data dengan data yang dimiliki Station Lawan, hal ini akan menumbulkan kesulitan dalam menulis QSL Card.

Data yang ditulis adalah Awal (Start) dan Akhir (Finish) dari komunikasi. Kita tidak perlu melakukan konfirmasi waktu dengan station lawan, karena akan menunjukkan bahwa stasiun anda tidak dilengkapi dengan penunjuk waktu (Jam), hal ini selain akan memakan waktu bicara juga memalukan.

Station Callsign Stasiun lawan komunikasi Callsign agar di tulis secara lengkap dan jangan sebagian saja awalan atau akhiran callsignya,  karena akan disuatu saat membingungkan anda sendiri, jadi tulisnya sufict maupun perfict-nya.

Freq / Frekuensi yang digunakan ( dalam MHz )

Mode Mode yang digunakan ( CW, SSB dll )

R.S.T ( Readelbility, Signal, Tone ) pada kolom ini diisi dengan data Report baik yang diterima dari stasiun lawan (Receive) maupun yang anda berikan kepada stasiun lawan (Sent).
Standart Penulisan Report adalah Readelbility ditulis dengan angka terendah “ 1 “ dan tertinggi “ 5 ” Signal ditulis dengan angka terendah “ 1 “ dan tertinggi “ 9 ” Tone ditulis dengan angka terendah “ 1 “ dan tertinggi “ 9 ”

Remarks Catatan
Dalam kolom ini dapat diisi dengan catatan / note yang dianggap perlu, misalnya, Nama dan Alamat Station Lawan, atau data teknis perangkat
dan lain sebagainya.

QSL Data QSL Card ( Kartu Konfirmasi Komunikasi )
Pada kolom ini diisi dengan catatan tentang Pengiriman (Sent) dan Penerimaan kartu QSL, agar dapat diketahui apakah kita telah mengirim atau membalas QSL Card kepada Station Lawan.
Biasakan anda mencatat dalam Logbook setiap komunikasi yang telah anda lakukan walaupun stasiun yang anda hubungi pernah atau sering berkomunikasi dengan anda, karena Logbook adalah CATATAN HARIAN

4 komentar:

  1. Maaf koreksi sedikit,
    selisih waktu WITA (indonesa Tengah) dengan UTC adalah 8 jam, WIT (Indonesia Timur) adalah 9 jam. karena dari WIB ke WITA nambah 1 jam, jadi seharusnya untuk ke UTC juga ditambah (7+1)

    cmiiw
    YC1RC/7 Bontang, Kalimantan Timur

    BalasHapus
  2. sedikit koreksi untuk selisih waktu dengan UTC:
    WIB ke UTC: local time-7
    WITa ke UTC: local time-8
    WIT ke UTC: local time-9

    karena dari WIB ke WITa nambah 1 jam, bukan berkurang 1 jam.

    cmiiw
    YC1RCQ/7, Bontang Kalimatan Timur
    1355 WITa-0555 UTC

    BalasHapus
  3. makasih dah berguna utk membuat Loog book, waktunya yang belum sesuai pas spt saran YC1RCQ....732

    YD2SEC

    BalasHapus

Recent Posts

PANITIA INDONESIA NETWORK (JUKLAK) RAMADHAN NET KONTES 2012 [1433 Hijriyah] MAKSUD DAN TUJUAN : Memeriahkan Bulan suci Ramadhan serta menyambut hari Raya Idhul Fitri ...

Entri Populer

Arsip Blog