Ruang Operator Stasiun Radio Amatir

Ruang yang sempit, beberapa perangkat alat komunikasi yang terlihat acak-acakan belum lagi kabel yang berseliweran disana-sini tentu tidak enak dipandang nyaman apalagi aman, tentu kita tidak menginginkan bukan?

Sebagian orang mengabaikan hal penataan ruang komunikasi atau studio stasiun radio. Ada banyak yang menyatu dengan ruang lain dan bahkan ada yang satu ruang dengan tempat melepas lelah sehabis aktifitas yaitu kamar tidur. Beberapa dari mereka mempunyai alasan keterbatasan tempat untuk menyediakan ruang tersendiri studio atau stasiun radio mereka.

Kelihatan sepele memang kalau kita pikir sesaat dan hanya memandang fungsinya tanpa memperhatikan kenyamanan dan keamanan. Coba bayangkan sebuah stasiun radio yang mempunyai beberapa perangkat dan belum lagi beberapa asesoris lain yang tidak ditata dan tanpa ruang tersendiri, pastinya akan cukup mengganggu kenyamanan dalam berkomunikasi maupun keamanan bagi anggota keluarga lain terutama anak-anak kecil yang rentan terhadap masalah listrik. Mengganggu kegiatan anggota keluarga lain disini misalnya anak-anak yang perlu belajar dirumah tentu membutuhkan ketenangan dan konsentrasi mereka. Belum lagi kalau ada teman se hobby yang berkunjung, tentu teman kita akan penasaran kalau tidak ikut melihat peralatan komunikasi kita, apa mereka akan kita usung ke kamar tidur? tentu tidak bukan... kecuali dengan lawan jenis yang menjadi pojokan kita hehehe...
Untuk itu ada baiknya kita menyediakan ruangan khusus untuk melakukan hobby ngebreak ini, Namun tidak semua orang memiliki ruangan yang bisa dipergunakan khusus untuk stasiun terutama yang menempati rumah yang memiliki keterbatasan tempat seperti rumah ber- type kecil. Sebenarnya alasan ini bisa kita atasi dengan penataan yang sedemikian kita atur.

Penempatan stasiun selain tergantung atas ketersediaan ruangan dirumah, jumlah peralatan yang kita pergunakanpun perlu diperhitungkan. Bagi yang memiliki banyak peralatan memang perlu memiliki ruang tersendiri untuk menempatkan peralatannya. Ada beberapa alternatif diantaranya kita pilih sudut ruangan sebagai tempat stasiun dengan memberi beberapa rak atau meja bertingkat sehingga akan lebih mudah menjangkau peralatan yang akan pergunakan. Banyak sekali pilihan model rak yang dijual ditoko-toko meubel. Kalau membuat sendiri kita bisa menyesuaikan ukuran dan model sesuai kebutuhan.Untuk membuat rak, bisa dipilih permanen atau non pemanen alias lepas pasang.
Beberapa pilihan bahan bisa kita pakai baik dari kayu atau besi letter L yang berlubang atau alumunium yang ringan dan lebih mudah pengerjaannya. Kita bisa meminta bantuan seorang tukang dan kita tentukan dulu desainnya. Yang perlu dipertimbangkan sebelum membuat rak kita ukur dulu peralatan yang akan ditempatkan, baik tingginya maupun lebar dan panjangnya. Sesuaikan jarak antara rak atas dan bawahnya. misalnya untuk meletakkan sebuah Power Supply yang cukup besar kita ukur ketinggian lebar dan panjangnya dulu, jadi setelah rak jadi nanti tidak ada kesulitan kita meletakannya. perlu diingat kasihlah spelleng atau jarak beberapa centi buat lubang angin, karena saat peralatan kita bekerja tentu membutuhkan ventilasi agar tidak lekas panas.

Pertimbangkan pula penataan kabel baik kabel antena maupun kabel listrik, sebisa mungkin kita letakkan pada tempat yang "tersembunyi" agar terlihat sedap dipandang mata juga keamanan terutama colokan listrik agar tidak mudah dijangkau anak-anak ( bagi yang mempunyai anggota keluarga anak-anak). Terkecuali memang ada beberapa kabel yang tidak mungkin bisa kita "sembunyikan" seperti kabel extramic dan lain sebagainya. Usahakan pula tempat untuk menulis disebelah  atau didepan perangkat, karena setiap kegiatan dalam berkomunikasi di amatir radio ini pasti kita dituntut untuk menulis atau mengisi log sheet atau menulis catatan lain yang sekiranya perlu, walau tidak menutup kemungkinan didepan ada layar monitor dan keyboard PC atau pun laptop.

Beberapa contoh gambar stasiun radio ini patut kita contoh;

Tidak begitu banyak perangkat radio komunikasi yang dimiliki tentu tidak juga begitu membuat pusing memikirkan penataan ruang operator, tinggal menyediakan sebuah meja dan tidak perlu untuk membuat rak untuk menempatkannya.

IGK. Manila ( YB0AA )
Lihat yang ini kepunyaan Pak IGK Manila ( YB0AA ), Banyak sekali perangkat yang dimilikinya, coba bayangkan bila tidak ditata mungkin terlihat seperti kapal pecah. Namun tidak demikian dengan beliau. Dengan menggunakan rak yang bahannya terlihat dari besi berlobang nampak sekali ukuran yang disesuaikan dengan besar dan tingginya perkakas itu sendiri. Jadi keuntungan menggunakan rak model begini kita bisa mengatur sesuai ukuran dan kebutuhan dengan cara melepas pasang baut rak.

Contoh rak yang lain, dari KC9OWM

Dari contoh rak yang satu ini terlihat fungsinya hanya sebagai tempat menaruh koleksi perangkat radio saja, Kita bisa membuat tutup dibelakang rak dengan bahan threeplek untuk menyembunyikan kabel yang berseliweran dan diberi lobang dibelakang untuk jalur kabel. dengan menata kembali beberapa radio yang ada boleh juga di tempatkan disisi meja operator, sekaligus sebagai penyekat antara ruang yang lain bila memang tidak membutuhkan dinding yang permanen.

Bill (k3wam)

Ruang operator punya Mr. Bill ( K3WAM ) ini sangat sederhana dengan menambah rak mungil yang terbuat dari bahan kayu dan di presisi tepat di depan meja operator terlihat simple namun fungsional. apalagi penempatan meja kecil di sebelah kanan untuk kegiatan tulis menulis.

rick ( kd5utc)
Mr. Rick ( KD5UTC ) dari Oklahama ini nampaknya beliau seorang teknisi dan gemar mengotak -atik komponen, sehingga beberapa rak terlihat banyak tergantung beberapa alat service elektronika. Memang rata-rata yang punya profesi bongkar pasang atau hobby eksperimen ruang operator yang sekaligus dibuat sebagai ruang "praktek" akan terlihat acak-acakan, namun disini bisa menjadi keasyikan tersendiri. Tapi hal ini tentunya tidak berlaku bagi teman-teman yang hanya sekedar menggunakan dan mengoperasikan saja, sehingga tidak akan terlihat rapi dan nyaman.

Pete (VE7FY)
Untuk kakek yang satu ini kayaknya mempunyai cukup ruang yang luas. Rak model L yang berada disudut ruangan dan rak tingkat paling bawah dijadikan sekaligus meja dengan laci kecil dibawahnya membuat ruang nampak leluasa untuk melakukan kegiatan komunikasi di studionya.

Setiap orang pasti punya tempat yang berbeda-beda, baik ketersediaan tempat maupun perangkat dan accesoris yang dimiliki masing-masing , Bagaimanakah dengan ruang operator Anda?

5 komentar:

  1. Salam Kenal Mandala fitness Ciamis Jabar

    BalasHapus
  2. Kebanyakan Pemain radio amatir sdh punya umur ya..

    BalasHapus
  3. Ada yang kenal atau pernah tau YD1-CIY gag?????

    BalasHapus
  4. Terima kasih banyak atas semua infonya, salam sukses yah gan..
    http://goo.gl/su0ebq

    BalasHapus

Recent Posts

PANITIA INDONESIA NETWORK (JUKLAK) RAMADHAN NET KONTES 2012 [1433 Hijriyah] MAKSUD DAN TUJUAN : Memeriahkan Bulan suci Ramadhan serta menyambut hari Raya Idhul Fitri ...

Entri Populer

Arsip Blog