Mode Operasi Modulasi

Operator radio amatir memiliki berbagai mode untuk dalam komunikasi dua arah. Mode A mengacu pada cara sinyal dimodulasi selama transmisi. Yang sering digunakan adalah bentuk modulasi AM, FM, SSB, dan digital. Agar sinyal yang akan dikirim dan diterima dengan mudah dibaca itu dimodulasi elektronik. Kedua pemancar dan penerima harus menggunakan bentuk yang sama modulasi untuk komunikasi yang akan sukses. Tabel mode yang lebih disukai untuk komunikasi suara memberikan beberapa gagasan tentang apa yang diharapkan ketika Anda menggunakan sebuah band tertentu. Beberapa mode seperti penggunaan Rtty LSB untuk semua band.

Mode yang dipilih

Modus suara berikut ini digunakan oleh kesepakatan umum:


  • LSB 160, 80, 40 meter
  • USB 20, 17, 15, 12, 10 meter
  • FM 2, 1,25 m dan 70 cm. Beberapa USB juga digunakan.

  • Cara Masing-masing memiliki karakteristik sendiri yang unik. Salah satunya adalah jumlah bandwidth yang diduduki oleh sinyal. CW sangat sempit (kurang dari 250 Hz) sedangkan FM adalah agak lebar (15-20 kHz). Sebuah sinyal sempit berarti ada ruang untuk sinyal lebih dan dengan demikian aktivitas lebih lanjut tentang band ini. Di sisi lain sempit mengirimkan sinyal kualitas kurang atau informasi. CW memerlukan penggunaan kode Morse sedangkan hasil FM sinyal berkualitas tinggi untuk komunikasi suara. Dalam masing-masing berikut modus lebih banyak digunakan dibahas secara singkat.

      CW ( Gelombang kontinyu )
    Adalah sinyal unmodulated sederhana tidak seperti orang lain yang menggunakan beberapa bentuk modulasi. Dengan mengganggu sinyal dengan kode, kunci Morse dikirim. Jadi kode Morse bukan modus tetapi seperti namanya, kode yang digunakan untuk berkomunikasi dengan mengendalikan sinyal CW. Meskipun dibutuhkan waktu dan latihan untuk menjadi mahir dengan kode menggunakan CW adalah salah satu bentuk komunikasi yang paling dapat diandalkan karena umumnya dapat melalui kondisi yang paling sulit di mana sinyal lain tidak bisa.

      AM ( Modulasi Amplitudo )
    Adalah modus awal yang digunakan oleh ham untuk transmisi suara. AM sinyal pembawa (seperti CW) yang atas dan bawah sidebands yang dimodulasi dengan memvariasikan amplitudo (kekuatan) dari sinyal. Sebagian besar stasiun siaran gelombang pendek menggunakan metode ini. Jika Anda menyetel ke BBC atau beberapa stasiun tersebut dengan menggunakan baik USB atau LSB pada penerima, Anda dapat mendengar pembawa sebagai nada terus menerus ketika Anda bergerak sedikit menjauh dari pusat sinyal. Jika Anda mendengarkan sekitar akhir atas 80 meter band Anda mungkin menemukan beberapa ham dengan menggunakan mode ini. Namun AM mengambil dua kali lipat bandwidth SSB dan karenanya tidak banyak digunakan di Amatir radio.
      SSB ( Pitasisi tunggal )
    Adalah mode dimana carrier dan satu sideband dari modus AM telah tertindas. Apakah menggunakan USB (pitasisi atas) atau LSB (pitasisi rendah) lebih dari sinyal pemancar adalah fokus pada pitasisi yang digunakan dibandingkan dengan AM. Akibatnya sinyal perjalanan lebih jauh dan lebih mudah untuk menyalin dalam kondisi yang tidak menguntungkan banyak. SSB adalah modus telepon pilihan bagi Amatir pada band HF.

      FM ( Frekuensi Modulasi )
    Adalah apa yang Anda dengar di 2 meter ketika menggunakan genggam dan bekerja melalui repeater klub. Ini adalah modus mana yang paling ham dimulai. FM memiliki kualitas luar biasa untuk komunikasi suara dan umumnya tidak ada kebisingan atau fading yang Anda dengar di HF dengan SSB atau CW. Namun karena persyaratan luas bandwidth biasanya terbatas pada band-band seperti 2m atau 70cm di mana ada banyak ruang. Beberapa FM juga dapat didengar pada jarak 10 meter sekitar 29 MHz.

      Digital Mode
    Modus digital telah ada sejak RTTY tetapi sangat luar dengan generasi komputer. Untuk menyederhanakan menggunakan mode digital-off di (biner 0-1) untuk mengirim informasi. CW adalah benar-benar sebuah bentuk dasar ini, walaupun cukup. Kebanyakan modus digital memerlukan komputer yang akan dihubungkan dengan radio untuk membantu dengan mengirim dan menerima data. Kebanyakan juga memerlukan TNC (terminal node controller) dengan chip yang mendukung modus tertentu. Anda mengirim dengan mengikat pada keyboard dan menerima dengan melihat informasi yang diterima di layar. Beberapa moda digital yang lebih populer adalah:
       #RTTY - Radioteletype (RTTY) menggunakan baudot (5 bit per karakter) atau kode ASCII (7 bit per karakter) untuk berkomunikasi. RTTY hampir dapat diandalkan seperti CW dan ada banyak ham yang menggunakan modus ini secara teratur pada band HF.
       # Packet - menggunakan set karakter ASCII lengkap yang memungkinkan baik atas dan huruf kecil karakter dalam transmisi. Paket bebas dari kesalahan yang dicapai dengan mengirimkan data dalam paket kecil dengan sedikit cek. Jika kesalahan terdeteksi oleh stasiun penerima itu balasan dan meminta paket ulang. Ini diulang yang diperlukan untuk menerima paket dengan benar. Ketika sinyal yang baik paket jarang perlu dikirim dua kali tapi dalam kondisi buruk, kirim kembali paket-paket kesalahan memperlambat pertukaran informasi.
       # Tor Mode - TOR berarti "teleprinting melalui radio." Mode ini termasuk AMTOR, PACTOR, G-TOR dan Clover. Pada dasarnya mereka semua menggunakan beberapa variasi teknik yang disebutkan dalam paket untuk memastikan transmisi bebas kesalahan. Setiap menggunakan algoritma khusus untuk menghasilkan kecepatan transmisi ditingkatkan dan keakuratan.
       # PSK-31 - adalah pendatang baru dalam adegan digital dan cepat menjadi modus digital primer. Salah satu alasan banding adalah bahwa dia menggunakan kartu suara di komputer untuk mengirim dan menerima melalui radio. Tidak ada peralatan khusus lainnya yang diperlukan. PSK-31 menggunakan bandwidth yang sangat kecil, kurang dari CW dan dapat berfungsi dengan baik pada kekuatan sinyal rendah. Tidak seperti paket dan TOR tidak bebas dari kesalahan.

      Fast scan TV ( FSTV ) dan lambat scan TV ( SSTV )
    Adalah mode digunakan untuk mengirim gambar atau foto melalui radio. SSTV umumnya digunakan pada band HF dan hanya dapat mengirim gambar diam karena data rate dan bandwidth rendah. FSTV di sisi lain umumnya digunakan pada band UHF dan dapat mengirim gambar bergerak. Baru-baru ini beberapa produsen HT telah menghasilkan radio genggam dengan built-in kamera dan layar untuk digunakan dalam mode ini.

      IRLP ( Internet Radio Linking Project )
    Adalah metode untuk menghubungkan Internet dengan Radio Amateur. Biasanya link dilakukan melalui sebuah repeater lokal sehingga Anda dapat tersambung ke seseorang dengan genggam. Pada dasarnya Anda mendaftar ke repeater lokal dan masukkan kode untuk menghubungkan Anda ke link Internet. Dari sana Anda tersambung ke repeater lain yang juga di Internet. Jadi dengan genggam Anda Anda dapat ambil untuk ham ribuan mil jauhnya dengan kualitas sinyal kontak lokal. IRLP adalah penemuan Kanada oleh VE7LTD dan menggunakan Voice over IP (VoIP) untuk segera menghubungkan satu atau lebih repeater di seluruh dunia. Sekarang dengan lisensi dasar Anda amatir radio baru mampu menggunakan HT untuk berkomunikasi di seluruh dunia.

    Recent Posts

    PANITIA INDONESIA NETWORK (JUKLAK) RAMADHAN NET KONTES 2012 [1433 Hijriyah] MAKSUD DAN TUJUAN : Memeriahkan Bulan suci Ramadhan serta menyambut hari Raya Idhul Fitri ...

    Entri Populer

    Arsip Blog